Apa Definisi Pakar Media Sosial?

Apa Definisi Pakar Media Sosial?

Seringkali kita dibingungkan dengan istilah pakar media sosial. Siapa sebenarnya pakar media sosial ini? Apakah dilihat dari seberapa banyak pengikutnya, atau seberapa banyak like dan komentar di postingannya, maka ia termasuk dalam pakar media sosial?

Selain itu, bagaimana pula dengan latar belakang pendidikannya? Apakah ada sekolah khusus untuk menjadi ahli sosial media? Tentu saja, jawaban-jawaban dari pertanyaan di atas masih belum juga menjawab siapa sebenarnya pakar media sosial ini.

Jadi, siapa sebenarnya pakar media sosial ini. Lebih dari itu, apa kemampuan dari pakar media sosial? Ditambah lagi, apa saja manfaat dari adanya pakar media sosial pada perusahaan atau brand tertentu?

Banyak juga yang bilang bahwa di jaringan pertemanannya di media sosial, setidaknya ada satu atau dua pakar media sosial. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya like dan komentar di setiap postingan seseorang tersebut. Ternyata, bukan itu standar seseorang bisa dikatakan sebagai pakar.

Pakar media sosial mampu merencanakan dan mengonsepkan cara agar seseorang, atau brand bisa meraih kesuksesan lewat media sosial. Mereka memiliki keahlian untuk mengumpulkan dan menaikan jumlah pengikut dari suatu brand, atau produk dalam tujuan meningkatkan omset penjualan dan branding perusahaan tersebut.

Tapi, bukankah sosial media hanya berisi hal-hal yang remeh? Posting sesuatu yang bagus maka Anda akan mendapatkan hal yang bagus pula? Semakin indah gambar, semakin indah video yang dibagikan, maka akan banyak perhatian dari teman-teman di sosial media.

Tapi bagi seorang pakar media sosial, semuanya butuh perhitungan yang jeli. Tidak semua gambar yang bagus akan mendapatkan perhatian yang sama. Apalagi bila dilempar ke jaringan yang lebih luas. Selain itu, caption juga berpengaruh penting dalam setiap postingan, dan terkait dengan gambar yang diposting.

Tidak hanya itu, waktu posting juga akan sangat mempengaruhi. Pakar akan menghitung dengan jeli, jam berapa satu postingan tertentu akan mendapatkan lebih banyak respon. Lewat itu juga, seorang pakar akan menghitung waktu yang paling tepat untuk posting gambar, ataupun video. Keduanya punya perhitungan yang berbeda.

Ditambah lagi, ada banyak perhitungan lain yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu postingan di media sosial. Paling penting adalah target audien. Tentunya seorang pakar media sosial tahu ke mana postingan promosi produk pupuk tanaman akan dilemparkan, jadi tidak sembarangan grup yang menjadi sasarannya.

Seorang pakar akan mampu mengidentifikasi apa saja hal yang sedang menarik atau trend, untuk menarik perhatian lebih banyak orang di jaringan yang lebih besar. Pakar ini juga mampu melakukan identifikasi target pasar tertentu untuk tiap brand atau produk, sehingga iklan atau campaign yang dilakukan akan lebih tepat sasaran. Bisa dikatakan, pemahaman dari seorang pakar ini berbeda dari kebanyakan pengguna media sosial lainnya.

Dalam perspektif bisnis, edan akan lebih jago dalam urusan memanfaatkan folower yang banyak menjadi pasar yang potensial. Karena itu, jasa pakar ini lebih diperlukan ketimbang hanya memanfaatkan pemilik follower yang banyak. Karena pakar ini tentunya tahu mana target yang potensial maupun yang tidak, lewat analisis yang komprehensif.

One Reply to “Apa Definisi Pakar Media Sosial?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *