Tips Memaksimalkan Media Sosial Untuk Peningkatan Penjualan

Tips Memaksimalkan Media Sosial Untuk Peningkatan Penjualan

Media sosial adalah medan yang besar, dengan miliaran pengguna. Itu kenapa ada banyak pengusaha, perusahaan, dan pebisnis yang mencoba memanfaatkan media sosial seoptimal mungkin untuk meningkatkan penjualan dan laba perusahaan. Setidaknya, ada tiga media sosial dengan jumlah pengguna terbesar, antara lain Facebook, Instagram, dan Twitter.

Memaksimalkan media sosial untuk peningkatan penjualan adalah hal kunci yang harus dilakukan pebisnis agar usahanya semakin maju dan berkembang. Namun, perlu dicatat ada tiga hal yang menjadi kelemahan dari media sosial.

Pertama, media sosial hanya terbatas di penggunanya saja. Anda tidak bisa menyentuh seseorang yang tidak punya akun media sosial, meskipun seseorang tersebut aktif di internet.

Kedua, saat ini tidak banyak orang-orang yang aktif di berbagai media sosial sekaligus. Setidaknya, ada orang yang aktif di Facebook dan Instagram, tapi tidak aktif di Twitter. Ada juga yang sebaliknya, aktif di Twitter, tapi tidak aktif di dua sosial media lainnya. Hasilnya, untuk memaksimalkan media sosial, Anda mesti memiliki akun di semua media sosial tersebut.

Ketiga, bila tidak didesain menarik, maka iklan atau campaign Anda akan “hanya lewat” di tengah postingan setiap orang yang bersliweran. Bayangkan saja, bila ada 1 juta pengguna Facebook sama-sama mengunggah sesuatu di berandanya maka akan ada 1 juta postingan yang berbarengan muncul. Pengguna sosial media yang ingin melihat beranda, hanya akan scrool saja dan terlewatilah iklan Anda.

Untuk itu, salah satu solusinya adalah Anda menggunakan jasa digital agency terbaik Indonesia. Tidak hanya digital agency saja, tapi Anda mesti mencari yang paling baik dan punya banyak pengalaman menangani promosi di media sosial.

Tim digital agency akan menganalisis terlebih dulu, siapa target pasar Anda? Siapa saja yang berpotensi menjadi calon pelanggan, dan sebagainya. Lewat analisis data, mereka bisa mengelompokkan orang-orang yang berkemungkinan untuk menjadi pelanggan Anda. Tentunya, bila Anda menjual pupuk akan susah mendapatkan pembeli bila ditawarkan pada kumpulan orang-orang yang tidak punya tanaman, bukan?

Karena itu, langkah pertama yang dilakukan oleh tim digital agency terbaik Indonesia ialah merencanakan dan mempersiapkan strategi terbaik untuk pemasaran Anda. Strategi yang matang mesti dipersiapkan agar Anda tidak hanya buang-buang uang untuk promosi yang tidak tepat sasaran.

Setelah itu, proses pemasaran dilakukan berdasarkan konsep, rencana, dan strategi yang sudah disusun. Material promosi tentunya mesti disiapkan sebaik mungkin agar Anda mendapatkan hasil terbaik. Material promosi menjadi hal yang penting, karena inilah kunci keberhasilan Anda menggaet calon kustomer.

Setelah semua proses pemasaran dilakukan, maka akan dilakukan evaluasi terhadap proses tersebut. Apabila masih dirasa kurang, Anda bisa melanjutkan campaign tersebut dengan strategi yang baru. Strategi yang baru bisa didapatkan dari analisa keberhasilan atau kegagalan proses campaign pertama.

Nah, lewat cara-cara tersebut Anda bisa memanfaatkan media sosial sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil seoptimal mungkin. Jika anda tidak memiliki keahlian di media sosial, anda bisa memanfaatkan jasa dari pakar media sosial untuk memenuhi kebutuhan anda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *