Digital agency adalah sebutan untuk perusahaan yang membantu proses pengembangan perusahaan dan peningkatan keuntungan lewat digital. Ada dua jenis digital agency, yang pertama digital marketing agency, dan yang kedua adalah advertising agency. Apa saja yang ditawarkan oleh keduanya?
Secara umum layanan yang diberikan oleh digital agency terbaik di Indonesia ialah semua hal yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk, dan pemasaran. Bisa saja branding, optimasi mesin pencari, marketing sosial media, periklanan, content marketing, hingga manajemen media sosial. Anda bisa saja memilih salah satu atau lebih dari penawaran yang diberikan oleh digital agency tersebut.
Sekarang, bila Anda menemukan jenis digital agency untuk marketing dan advertising, keduanya menjalankan sistem yang berbeda. Di mana, digital advertising khusus untuk mengiklankan, memperkenalkan produk baru, hingga menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Intinya, semua hal tersebut dilakukan melalui kampanye iklan, baik di website, maupun media online, hingga media sosial.
Sedangkan digital marketing agency khusus ke bagian pemasaran. Bisa dikatakan, cara marketing agency ialah mengajak konsumen (mempengaruhi) agar menggunakan produk yang dimaksud. Dengan demikian, peningkatan penjualan bisa tercapai yang berakhir pada peningkatan keuntungan. Untuk itu, ada banyak strategi pemasaran yang digunakan untuk mencapainya. Dimulai dari analisis pasar, target pembeli, kompetitor, peningkatan dan pengembangan produk, jaringan, dan sebagainya.
Analisis pasar ditujukan untuk mendapatkan gambaran apa yang dibutuhkan pasar, serta apa diinginkan publik dari suatu produk. Lewat hasil analisis tersebut, didapatkan semacam perencanaan dan strategi untuk mendapatkan jenis promosi yang tepat. Bila promosi juga dilakukan oleh perusahaan, maka marketing agency ini akan memberikan konsultasi dan tips bagi perusahaan tersebut.
Kedua, mempelajari target pasar. Hasil analisis yang pertama ditujukan untuk pemetaan target pasar dari produk tersebut. Mulai dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, dan sebagainya. Hal itu akan menjadi dasar bagi pengembangan produk, promosi, dan sebagainya.
Ketiga, mempelajari kompetitor. Dengan demikian, akan disusun rencana yang matang agar tidak tersaingi apalagi dikalahkan oleh kompetitor tersebut. Proses pengembangan produk juga dilakukan untuk tetap menjaga persaingan dengan kompetitor.
Keempat, peningkatan dan pengembangan produk. Ini merupakan hasil dari analisis, baik target pasar maupun kompetitor. Dari sini, ditemukan apa yang dibutuhkan publik, yang dijadikan dasar untuk pengembangan produk.
Kelima, jaringan. Jaringan skala besar bisa mencakup perusahaan ekspor, importir, dan sebagainya. Jaringan lainnya juga tak kalah penting. Mulai dari grosir, supermarket, sampai warung kecil juga harus digaet dan tertarik untuk bekerja sama. Tentunya, pelanggan dalam hal ini juga dianggap sebagai “jaringan” yang harus dipertahankan.
Untuk menjalankan hal-hal tersebut, digital agency ini mesti memiliki tim yang sudah profesional. Dengan demikian, tim tersebut sudah benar-benar siap dan terlatih untuk menghadapi apa saja yang terjadi di lapangan. Tidak hanya sumber daya manusia, tapi digital agency terbaik di Indonesia juga mesti memiliki software, tools, dan gadget yang mumpuni agar tujuan bisnis tersebut bisa tercapai.
Karena itu, bila perusahaan Anda membutuhkan digital agency Indonesia, baik marketing maupun advertising, tentunya Anda mesti mencari yang sudah professional. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tim yang professional akan siap untuk menghadapi apapun anomali yang terjadi di lapangan. Seandainya, terjadi hal-hal yang diluar rencana, maka tim tersebut akan segera mencari strategi lain agar tujuan awal tetap terlaksana.
Untuk anda yang ingin mencari jasa digital agency terbaik di Indonesia tentu bisa menghubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik perihal jasa digital agency Indonesia ini.
Pingback: Tips Memaksimalkan Media Sosial Untuk Peningkatan Penjualan - Anthony Leong