Digital Marketing yang Disarankan Pakar Social Media Indonesia

Digital Marketing yang Disarankan Pakar Social Media Indonesia

Pakar Social Media Indonesia menyampaikan, berdasarkan Survey Jasa Penyelenggara Internet Indonesia pada tahun 2020 sebanyak 196,7 juta warga menggunakan layanan nirkabel ini. Dari semua, 73,7% penduduk berselancar dengan situs terbanyak kunjungan di media sosial dan komunikasi.

Platform besutan luar negeri seperti WA, Youtube, Instagram dan Facebook merupakan link paling sering diakses. Sebagai alat komunikasi, saat ini WhatsApp menduduki peringkat pertama di atas messenger FB dan line. Media online banyak digunakan untuk memasarkan produk.

Jenis Digital Marketing yang Disarankan Pakar Social Media Indonesia

Akses internet yang intens mempengaruhi perilaku pemakainya. Pemaparan pakar social media Indonesia menyatakan bahwa selancar di dunia maya berdampak negatif dan positif bagi usaha.

Gerai-gerai toko tidak lagi ramai dikunjungi karena pembeli lebih senang berselancar di marketplace. Selain praktis, juga mudah membandingkan harga dan melihat review customer lain. Hal ini tentu merupakan angin segar bagi industri di Indonesia. Untuk menjangkau pelanggan tidak perlu lagi dengan door  to door. Cukup menggunakan social media.

Pakar social media Indonesia memberikan gambaran jenis platform yang cocok untuk menjadi toko virtual.  Selain tidak membutuhkan tempat khusus, online shop juga murah dalam hal biaya. Coba saja menggunakan 3 digital marketing di jejaring berikut:

Facebook
Media ini banyak digunakan untuk memasarkan produk fashion, kosmetik, dan jasa. Pengguna platform ini dari berbagai kalangan usia sehingga jangkauannya luas. Fitur bisnis yang disediakan sangat memudahkan user untuk mempromosikan dagangannya.

Facebook juga merupakan media yang paling banyak diakses. Agar dapat menjumpai calon pembeli potensial, posting dagangan pada jam tertentu seperti antara 06.00 – 08.00 atau malam hari. Pakar  social media Indonesia menyampaikan bahwa pada waktu tersebut biasanya load pengguna akun yang login tinggi.

Instagram
Fitur story, feed yang berupa gambar dan video banyak digunakan untuk mempromosikan dagangan di platform ini. Meski simpel seorang marketing harus paham algoritmanya sehingga dapat tepat dalam membidik target market.

Menurut pakar social media Indonesia, jejaring ini salah satu yang pantas diperhitungkan. Closing dari instagram cukup tinggi. Gambar merupakan media promosi yang paling mudah menarik customer. Platform visual berbasis selular memudahkan untuk mengunggahnya.

Popularitas media ini diprediksikan akan terus meningkat karena banyak konsumen yang menyukai model promosi dalam bentuk video dan gambar. Instagram dinilai sebagai fitur unggulan dalam online shop.

Youtube
Platform berbagi video ini merupakan jenis media yang banyak digemari. Pakar social media Indonesia memberi penjelasan bahwa bentuk visual lebih mudah masuk dalam alam bawah sadar. Digital marketing memanfaatkannya untuk menjangkau calon customer dengan cepat.

Strategi yang Dilakukan Social Media Marketing

Merek yang dikenal merupakan poin penting dalam penjualan. Selain itu cara menjangkau calon konsumen pun tidak kalah pentingnya. Strategi platform sesuai algoritmanya akan berdampak positif pada pertumbuhan bisnis yang dijalankan.

Pakar social media Indonesia memberikan tips yang harus diperhatikan untuk dapat menjangkau lebih banyak customer. Berikut hal yang harus diperhatikan:

Audit media sosial
Pengelola usaha harus melihat history bisnis sebelumnya. Bagian analitik dari akun akan menunjukkan poin yang terkait dengan konsumen seperti demografi atau lokasi, konten terfavorit, pesaing dan apa pendorong closing.

Target audiens
Audit media sosial memberikan informasi tentang customer. Lakukan analisa, jenis platform apa yang paling disuka oleh konsumen. Pakar social media Indonesia menyarankan untuk fokus pada jejaring ini.

Strategi konten direkomendasikan oleh pakar social media Indonesia

Customer yang menggunakan media sosial biasanya tidak suka hard selling, tetapi soft promotion. Konten yang disampaikan harus bersifat menghibur, informatif dan solutif. Hal ini akan mendorongnya untuk mencari tahu tentang produk yang ditawarkan.

Strategi dan jejaring yang tepat akan mendorong majunya usaha. Salah satunya adalah dengan menggunakan digital marketing dalam memberikan banyak alternatif platform. Jika anda ingin mempromosikan bisnis batu anda, saran kami adalah menggunakan jasa pakar social media Indonesia yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *