Jenis Iklan Jasa Social Media, Pilih Berbayar atau Gratis?

Jenis Iklan Jasa Social Media, Pilih Berbayar atau Gratis?

Kini, penggunaan  platform social media, enggak hanya untuk hiburan, membagikan momen-momen khusus, atau hanya sekadar berbagi status. Oleh karena itu, jasa social media saat ini bermanfaat untuk berjualan atau menjalankan bisnis.

Kanal social media seperti Facebook, Instagram, Youtube, bahkan TikTok sudah menyediakan fitur Ads atau iklan bagi para penggunanya. Tentu saja kesempatan ini enggak boleh dilewatkan begitu saja.

Lalu, kenapa harus lewat social media? Banyak orang berkumpul di social media, baik yang kenal satu sama lain atau tidak kenal sama sekali. Forum ini menjadikan pelaku bisnis memfungsikan jasa social media sebagai lapak jualan online.

Jenis Layanan Ads Pada Jasa Social Media

Ada dua jenis layanan iklan (ads) pada social media. Yaitu, Paid Traffic atau layanan iklan berbayar dan Organic Traffic atau layanan iklan gratis.

Paid Traffic berbayar ada pada; Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, Youtube Ads dan TikTok Ads. Semua platform medsos ini dapat digunakan sebagai jasa social media untuk mengenalkan dan mempromosikan produk barang atau jasa.

Sementara dengan Organic Traffic, layanan iklan gratis hanya perlu ketekunan untuk terus posting dagangan dan memahami keinginan konsumen lebih detail.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan jika mengembangkan bisnis dengan menggunakan layanan jasa social media Paid Traffic atau Organic Traffic.

Menggunakan Paid Traffic
Jika suatu bisnis ingin membuat iklan berbayar, ada beberapa hal yang menjadi konsekuensi pelaku bisnis, yaitu sebagai berikut:

Menyiapkan Budget Iklan
Dalam mengelola keuangan bisnis, perlu memasukkan budget atau anggaran untuk membayar jasa iklan tersebut. Iklan dari jasa social media, akan berpengaruh terhadap pemasukan dan pengeluaran keuangan terhadap bisnis yang dijalankan.

Membuat Skill Iklan Menarik
Buatlah iklan yang menarik, bersifat persuasif dan hadirkan promo. Orang-orang akan tertarik pada kesan iklan yang mengajak untuk mengikuti. Apalagi, dalam iklan tersebut mengandung sesuatu yang bermanfaat dan memang dibutuhkan oleh masyarakat.

Rajin Update Info dan Upgrade Pengetahuan
Jika menggunakan  layanan  jasa social media iklan berbayar, maka  update info terbaru sangat dibutuhkan , dan upgrade ilmu penting bagi kemajuan bisnis. Bisnis akan terus memposting info yang sedang tren, sehingga tidak berkesan ketinggalan zaman atau kudet (kurang update).

Menggunakan Organic Traffic
Promosi menggunakan system Organic Traffic atau layanan  iklan gratis, cukup dengan memanfaatkan layanan standar dari medsos. Seperti posting status pada Facebook, foto pada Instagram atau video di YouTube dan TikTok.

Membuat Konten Menarik
Produk barang atau jasa disisipkan dengan konten berkualitas yang bersifat persuasif atau mengajak pengguna lain untuk mengikuti akun sosmed. Orang-orang akan penasaran dan selalu menunggu info terbaru dari akun jasa social media yang bergerak di bidang bisnis ini.

Rajin Posting Konten pada Jasa Social Media
Tiada hari tanpa posting. Memanfaatkan layanan gratis ini, karena demi menaikkan omset bisnis, maka rajin membagikan postingan dagangan akan meningkatkan peluang bisnis agar terjadi closing (transaksi).

Harus Sabar
Perihal ini, pelaku bisnis perlu memiliki sikap ini. Layanan jasa social media gratis ini bersifat standard. Hanya saja, isi postingan berupa konten bisnis atau berjualan. Maka, kesempatan dan peluang postingan ini untuk muncul dan dilihat pengguna lain tidak sering seperti menggunakan layanan iklan berbayar. Hal ini berdampak pada omset bisnis.

Memilih jasa iklan yang berbayar atau gratis, tergantung kepada pelaku bisnis yang  menjalankan. Jika ada cukup biaya, ada baiknya untuk menggunakan Paid Traffic karena peluang pemasukan uang lebih besar.

Namun, jika memang belum cukup untuk membayar jasa social media, menggunakan Organic Traffic juga tidak salah. Pelaku bisnis perlu berusaha lebih keras dan ekstra dalam memanfaatkan platform medsos ini sebagai lapak jualan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *