Cara Menggunakan Akun Bisnis Medsos

Cara Menggunakan Akun Bisnis Medsos

Menggunakan media sosial adalah hal yang paling diminati oleh banyak orang. Namun, untuk akun bisnis, tentunya adalah hal yang berbeda. Menggunakan akun bisnis memiliki tujuan yang berbeda dengan akun personal. Apalagi, wajah perusahaan Anda akan sangat dipengaruhi dari apa yang diposting.

Karena itu, memosting sesuai di akun bisnis harus dengan perhitungan yang matang. Tidak bisa sembarangan memunculkan postingan yang multitafsir. Atau mungkin mengarahkan opini orang ke pandangan politik tertentu, dan sebagainya. Bisa-bisa, sedikit kesalahan bisa dimanfaatkan oleh kompetitor Anda untuk memenangkan persaingan.

Karena itu, Anda membutuhkan pakar sosial media yang bisa diminta bekerja sama untuk manajemen media sosial Anda. Setidaknya, pakar sosial media akan melakukan analisis terlebih dulu pada pengunjung Anda, sebelum memutuskan hal-hal seperti penjadwalan postingan, jenis konten yang dibagikan, serta hal-hal lain yang dirasa mempengaruhi penjualan.

Berikut ini beberapa hal yang sering dilakukan oleh pakar sosial media untuk mengoptimalkan akun bisnis suatu perusahaan atau bisnis di media sosial.

Pertama, setiap postingan yang diupload pasti akan disertai dengan gambar/foto/ilustrasi dan setipenya. Juga ada tambahan teks di foto tersebut yang menarik dan membuat pengunjung ingin share atau like dan berkomentar di postingan tersebut. Captionnya juga tidak begitu panjang, langsung to the point, serta menarik/enak dibaca.

Kedua, kontennya selalu menarik dan relevan dengan produk yang dibagikan. Misalnya, produk kecantikan akan membahas terkait pentingnya kesehatan kulit wajah bagi remaja dan tips menghindari jerawat. Tentunya, selain melihat produk yang diinginkan, para pengunjung juga mendapatkan hal yang positif dari postingan. Dampaknya, adalah meningkatnya jumlah pengunjung dari akun bisnis tersebut.

Ketiga, konten yang dibagikan menghindari konflik, kontroversi, ujaran kebencian, menyinggung SARA, dan hal-hal yang berujung ke negatif. Jadi, konten yang dibagikan sebisanya memiliki manfaat bagi pembacanya, meski juga mengandung unsur promosi produk bagi yang membutuhkan.

Keempat, memanfaatkan hastag dengan optimal. Hastag atau tanda pagar (tagar) ditujukan untuk kepentingan promosi, bukan hastag pancingan atau menipu. Hastag ditujukan agar postingan tersebut lebih mudah ditemukan, namun tetap sesuai dengan apa yang dicari oleh orang lain. Bahkan tanpa hastag pun, orang akan tetap mencari produk yang dibutuhkan. Karena itu, penggunaan hastag harus optimal.

Kelima, menyebarkan postingan tersebut ke kelompok yang tepat. Karena itu, ada penargetan di awal agar postingan tiba di kelompok yang tepat. Bila Anda share postingan tentang pertanian atau perkebunan di kelompok pecinta musik, tentunya hasilnya akan sangat minimal. Bandingkan bila postingan/konten tiba di grup atau kelompok yang tepat, tentunya akan lebih banyak interaksi yang didapatkan, bukan?

Baca Juga : Apa Penting dan Untungnya Menggunakan Jasa Social Media Manajemen

Keenam, berinteraksi dengan follower. Berinteraksi yang dimaksud ialah dengan membalas komentar yang muncul di postingan tersebut. Jangan biarkan komentar, apalagi yang berbentuk pertanyaan, tetap didiamkan atau dicuekin saja. Hal itu bisa memberi reputasi yang buruk bagi brand Anda.

Itu tadi beberapa hal yang mesti Anda pertimbangan ketika menggunakan media sosial sebagai akun bisnis Anda. Agar hasil lebih optimal, Anda bisa menggunakan jasa dari seorang pakar media sosial terbaik sehingga bisa mengoptimalkan promosi produk dan brand Anda lewat media sosial. Dengan demikian, hal-hal yang sudah dipaparkan di atas bisa di-handle oleh pakar yang dimaksud. Pakar media sosial tentunya juga memiliki tim professional yang akan mengatur strategi, serta menjalankan rencana pengembangan dan promosi produk yang optimal lewat media social.

Leave a Reply

Your email address will not be published.