Marketing Online via Kanal Iklan Online

Marketing Online via Kanal Iklan Online

Digital marketing adalah salah satu strategi, atau metode yang ditujukan untuk meningkatkan penjualan, keuntungan, dan seterusnya melalui media digital. Tentunya, berbicara tentang media digital berarti ada banyak cara yang digunakan, mulai dari media sosial, media online, peningkatan website, iklan online, dan lain-lain.

Namun kali ini, akan dibahas khusus tentang marketing online dengan kanal iklan online. Apa saja jenisnya, dan bagaimana peluang kanal iklan online membuat peningkatan marketing?

Secara spesifik, kanal iklan online berarti space atau ruang untuk promosi berupa iklan, baik berbentuk gambar, tulisan, maupun video yang disediakan secara online. Misalnya, di Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, atau iklan mandiri yang bisa ditemukan di media online, website dengan trafik besar, serta blog yang juga punya trafik besar.

Kita akan bahas satu persatu. Mulai dari Google Ads. Bisa dikatakan, Google Ads menjadi pilihan utama banyak pebisnis untuk meningkatkan penjualan. Dengan penerapan iklan yang tepat, Google juga dengan kecerdasan artifisial dan algoritmanya mencoba mengarahkan iklan Anda ke pembaca yang tepat. Tentunya, Google atau mesin pencari lainnya akan mengandalkan chache atau tembolok, alias jejak-jejak pencarian online.

Seorang yang berselancar di internet tentunya akan meninggalkan jejak dari apa saja situs yang ia kunjungi, kata kunci pencariannya, video apa saja yang ditontonnya, produk apa saja yang dibelinya dari toko online dan sebagainya. Berdasar dari data-data tersebut, Google akan menyimpulkan bahwa seseorang tersebut memiliki minat tertentu, dan kebutuhan atau kesukaan terhadap produk tertentu. Nah, lewat itulah iklan Anda akan muncul pada orang-orang yang membutuhkan.

Begitu juga di Facebook, Instagram, dan Twitter. Data-data penggunanya sendiri akan diteliti, seperti apa saja halaman yang mereka sukai, apa saja kata kunci pencarian yang sering mereka cari, apa saja topik yang paling sering dicari, dan seterusnya. Berdasarkan data-data itu, iklan Anda akan mengarah ke orang-orang yang potensial menyukai produk Anda.

Hanya saja, Anda mesti menginput dengan tepat apa saja kata kunci produk Anda, target pasar Anda, rentang usia para pelanggan, dan sebagainya. Tujuannya, agar penyedia iklan tersebut bisa mengenali dengan tepat siapa yang akan disasar lewat iklan tersebut.

Apabila Anda masih cukup bingung dengan menginput data agar lebih valid, tentunya Anda membutuhkan jasa marketing online. Jasa marketing online akan melakukan analisa terhadap website, produk, dan pelanggan Anda. Lewat analisa itulah, input yang dimasukkan ke penyedia iklan akan lebih tepat dan valid. Hasilnya, iklan akan muncul ke orang-orang yang berpotensi membelinya.

Jasa marketing online ini juga akan mendampingi Anda bila Anda membutuhkan untuk mencari kanal iklan lain yang lebih tepat. Kanal iklan lain yang dimaksud ialah kanal iklan mandiri yang disediakan oleh media, website, hingga blog tertentu. Tujuannya, agar Anda tepat sasaran mencari pelanggan lewat iklan.

Misalnya, Anda menjual jersey sepak bola, tentunya akan sangat tepat beriklan di media, blog, atau website yang khusus membahas sepak bola. Jadi, misalnya blog A membahas sepak bola, namun kunjungannya lebih sedikit dari blog B yang membahas laptop. Tapi, melihat spesifikasi dan segmentasi blog tersebut, tentunya blog A masih lebih potensial ketimbang blog B, bila produk yang Anda tawarkan adalah jersey sepak bola, bukan?

Intinya, kanal iklan online bisa jadi relevan dan tepat menjadi strategi marketing online Anda apabila dipertimbangkan dengan matang. Bila Anda ragu untuk menganalisa sendiri, tentunya seperti disinggung sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan jasa marketing online dan membantu Anda mencari kanal iklan yang paling tepat untuk campaign Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.