4 Skill Dasar yang Harus Dimiliki oleh Pakar Digital Marketing

4 Skill Dasar yang Harus Dimiliki oleh Pakar Digital Marketing

Berdagang atau berjualan makin mengalami kemajuan seiring perkembangan zaman. Jika dahulu menggunakan sistem barter, atau bertukar barang, sekarang kegiatan ini memanfaatkan kemajuan teknologi.

Mau terus maju, atau tertinggal tergerus zaman? Tentu saja, harus mengikuti zaman yang berubah. Termasuk dalam strategi berdagang dan memasarkan produk dagangan. Seseorang dengan jiwa berbisnis pasti nggak mau tinggal diam.

Teknologi ditambah kecakapan seseorang dalam ilmu marketing (pemasaran) membuat berbisnis berkembang dan menemui peluang positif yang lebih besar. Lewat dua keahlian tadi, maka menjadi seorang pakar digital marketing bukan hanya impian.

Apa Saja Sih Tugas Seorang Pakar Digital Marketing?

Dalam bidang digital marketing,seluruh kegiatan berdagang, seperti menawarkan sebuah produk atau jasa, memanfaatkan semua media digital. Mulai dari perangkat keras, HP, laptop atau computer hingga perangkat lunaknya, website, aplikasi, pesan teks dan video.

Seorang pakar digital marketing harus memanfaatkan kesemuanya yang tersebut di atas dengan maksimal dan optimal.  Lalu, apa saja sih tugas-tugasnya? Apa saja yang dibutuhkan? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Kemampuan Analisa
Punya produk yang bagus? Tetapi bingung mau jual ke mana dan ke siapa? Analisa pasar, sangat dibutuhkan di sini. Menjadi seorang pakar digital marketing harus mampu membuat target dan analisa pasar. Seperti lokasi, dan segmen pasar yang meliputi kemampuan daya beli masyarakat dan kebutuhan akan barang atau jasa.

Kemampuan Membuat Konten
Konten dalam hal ini bisa berupa konten tulisan di website atau konten video yang sifatnya audio visual. Setelah mampu  menganalisa pasar, kemampuan  pakar digital marketing pada poin ini adalah mendeskripsikan produk atau jasa secara spesifik dan detail.

Kemampuan Melakukan Promosi
Konten sudah bagus, sekarang tinggal bikin promosi yang menarik. Produk atau jasa dengan promo menggiurkan, baik dari harga atau spesifikasinya, pasti membuat orang-orang penasaran. Kemudian, mulai bertanya-tanya tentang penawaran tersebut.

Kemampuan Closing Seorang Pakar Digital Marketing
Dalam istilah digital marketing, closing adalah proses transaksi antara penjual dan pembeli. Artinya, pembeli berhasil membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh pakar digital marketing. Dengan demikian, promosi yang dilakukan lewat platform digital yang berupa konten tadi, berhasil menarik minat konsumen (pembeli) hingga adanya transaksi.

Empat hal diatas, adalah skill dasar yang dibutuhkan  oleh pelaku bisnis. Sebagai contoh, membuat konten tulisan pada website, sangat baik jika menggunakan  kaidah SEO (search engine optimization). Teknik menulis seperti ini, membuat web yang dikelola memungkinkan keberadaannya mudah ditemukan pada halaman utama Google Search.

Hal ini, membuat traffic website yang dikelola oleh pakar digital marketing menjadi naik. Berarti, kemungkinan promosi yang dibuat dapat dilihat oleh pengunjung. Kesempatan closing atau transaksi makin besar. Hal ini tentu saja berdampak pada kenaikan omset bisnis.

Kelebihan Menggunakan Jasa Pakar Digital Marketing

Inovasi berbisnis menggunakan system  digital marketing semestinya dirasakan oleh para pelaku bisnis. Target dan analisa pasar yang bagus, membuat produk atau jasa yang dipasarkan menjadi lebih terarah dan terpantau.

Selama akses  internet mudah, pemasaran dapat lebih luas, mencakup kota-kota besar, hingga ke pelosok terpencil. Penggunaan seluruh perangkat digital oleh pakar digital marketing dilakukan dengan optimal, maka peluang closing makin besar.

Jika berbisnis sudah lebih rapi, maka pendistribusian barang atau jasa, dan pembayaran upah kepada karyawan tidak mengalami hambatan. Jasa  pakar digital marketing sangat bermanfaat di sini, tidak hanya bagi pebisnis tetapi juga bagi bisnis itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *