Perkembangan Big Data Di Indonesia

Perkembangan Big Data Di Indonesia

kemajuan teknologi di indonesia memang begitu cepat trend akan kebutuhan datapun ikut terkena dampaknya, dalam hal ini  big data di indonesia menjadi salah satu foundasi bisnis yang penting karna data adalah sumber kekuatan .
perkembangan Big data di  indonesia juga bisa dikatakan sangat pesat namun bukan tanpa kendala, beberapa sektor yang sudah menerapkan big data adalah pertanian, kesehatan dan keamanan.

menutur pakar Big data adalah istilah yang menggambarkan volume besar data – baik terstruktur maupun tidak terstruktur – yang membanjiri bisnis sehari-hari. Namun bukan jumlah data yang penting. Apa yang dilakukan pembisnis dengan data itulah yang penting.

karakter big data sendiri biasa disebut 3V apa itu ?

 Volume : Jumlah Data yang sangat besar mencapaian terabytes bahkan bisa lebih besar. menjadi salah satu faktor yang membedakan dengan data pada biasanya. sehingga diperlukan infrastruktur yang mampu menangani volume data besar.
Velocity : Kecepatan di mana data dihasilkan dan harus di proses secara real time sehingga dibutuhkan sistem yang cepat dan Responsif. karakteristik dari velocity ini menjadi begitu penting karna semakin cepat data di olah semakin cepat juga pihak terkait dalam membuat keputusan.
Variety :  Data bervariasi dalam format dan jenis, termasuk data terstruktur dan tidak terstruktur seperti teks, audio, dan video. Karakteristik variety ini membuat big data menjadi lebih kompleks dan sulit diolah menggunakan teknologi konvensional, sehingga memerlukan alat atau teknologi khusus seperti Hadoop, Spark, atau NoSQL.
selain 3 V diatas krakteristik dari Big data Juga memili tambahan seperti :
veracity : Keandalan dan keberanaran data , yang menjadi kunci penting untuk pengambilan keputusan yang tepat. kualitas data gharus di jaka dengan baik dan data harus diuji sebelum digunakan untuk meminimalkan kesalahan atau bias yang mungkin terjadi.
Value : Nilai atau manfaat yang di hasilkan dari pengolahan data. karakteristik value ini adalah tujuan akhir dari big data, yaitu untuk menghasilkan informasi yang bernilai bagi organisasi untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.
dengan memahami karakteristik-karakteristik tersebut, diharapkan pelaku bisnis dapat merancang strategi big data yang efektif dan memanfaatkan potensi data yang besar untuk mendapatkan keuntungan bisnis lebih besar

Perkembangan Big Data Di Indonesia dalam Bisnis 

kondisi pasar akan mudah berubah sewaktu-waktu sehingga dengan big data ini diharapkan memapu melihat perubahan tren pasar yang cepat. hal yang membuat tren pasar ini berubah dikarnakan prilaku pembelian konsumen  yang berubah.
dalam bisnis big data juga untuk mengetahui produk yang paling banyak dijual dan bisa menghasilkan produk dimasa depan yang sesuai dengan tren.
big data indonesia juga berperan dalam pengontrol reputasi online yang dimiliki. tools yang ada pada big data ini bisa melakukan analisis sentimen. sehingga pebisnis akan bisa melihat seberapa banyak umpan balik tentang siapa saja yang telah memberikan respons perusahaan.
peran yang terakhir adalah big data akan mempu memahami pelanggan dengan baik  menggunakan big data ini untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada mereka .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *