Jenis-Jenis SEO yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-Jenis SEO yang Perlu Anda Ketahui

Tentu Anda sudah mendengar istilah Search Engine Optimization (SEO), yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas website sekaligus menaikkan jumlah trafik yang datang ke website Anda. Menurut para pakar SEO, ada tiga jenis SEO yang biasa diterapkan ke website Anda. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Sebelumnya, perlu dicatat bahwa 63% calon konsumen Anda mencari produk yang akan dibeli dengan melihat ke Google terlebih dulu. Baik melihat review, perbandingan harga, dan spesifikasi produk, calon pelanggan akan mengetik produk yang ingin mereka cari di Google terlebih dulu.

Karena itulah, SEO dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan Anda. Dengan berada di rangking teratas pencarian Google, maka kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda menjadi lebih tinggi. Hasilnya, penjualan Anda akan meningkat, bukan?

Sekarang, ada tiga jenis SEO seperti yang dibahas sebelumnya. Apakah ketiga jenis SEO tersebut?

1. SEO On Page

Ini yang paling sering digunakan, sekaligus yang dianggap paling efektif. SEO on page berarti mengoptimasi bagian di dalam atau depan (tampilan) website itu sendiri. Biasanya, dimulai dari permalink, judul dan struktur kontent, sebaran keyword, kualitas dari konten, internal link, elemen SEO seperti Meta description, tag, dan gambar yang digunakan di kontent.

Ini adalah langkah pertama yang digunakan oleh seseorang untuk membidik kata kunci tertentu dan mendapatkan posisi terbaik di Google. Lewat keyword yang pas dengan isi konten serta tema website tersebut, jenis SEO yang satu ini bisa membuat website kebanjiran pengunjung.

2. SEO off page

Bila tadi dilakukan di dalam website, maka jenis SEO yang satu ini adalah yang dilakukan di “luar” website. Maksudnya adalah, mendapatkan link dari website lain (link building), meningkatkan domain authority (otoritas domain) untuk memperbesar peluang memenangkan persaingan kata kunci di Google, menjadi guest blog, promosi konten, dan peningkatan PA.

SEO off page yang kuat menjadikan mesin pencari meyakini bahwa situs Anda memang “berkualitas” dan “bermanfaat” bagi orang lain. Jadinya, Anda akan mendapatkan tempat terbaik di mesin pencari, yang berujung pada peningkatan website.

3. SEO Teknik

SEO teknik (technical SEO) ialah usaha meningkatkan atau mengoptimasi SEO di bagian dalam website namun bagian technicalnya, seperti kecepatan website, struktur, XML, keamanan situs, tema, layout, navigasi, dan sebagainya. Dengan demikian, website Anda memiliki struktur yang bagus serta lebih mudah dibaca search engine.

Hasilnya adalah, Google lebih cepat mengindeks situs Anda dan artinya peluang mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari menjadi semakin besar.

Nah, untuk mendapatkan hasil terbaik, tentunya Anda bisa melibatkan pakar SEO agar optimasi di website Anda menjadi lebih sempurna. Dengan bantuan pakar SEO, maka Anda bisa mengoptimasi baik on page, off page, maupun technical SEO. Berikutnya, Anda bisa melihat bagaimana perlahan-lahan situs Anda akan mulai merajai kata kunci, dan mendatangkan banyak trafik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *